×

Dimana Kuliah Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota di Jakarta?

Image Thumbnail

Dimana kuliah jurusan perencanaan wilayah dan kota di Jakarta? Jawabannya tentu saja ada banyak sekali kampus di Jakarta yang menyediakan jurusan perencanaan wilayah dan kota. Salah satu kampus swasta bergengsi yang menyediakan jurusan perencanaan wilayah dan kota adalah Universitas Trisakti atau Usakti. Jurusan ini telah terakreditasi oleh BAN-PT. Jadi, tidak heran jika jurusan perencanaan wilayah dan kota Trisakti sangat diminati oleh siswa yang akan melanjutkan studinya. Untuk kamu yang sekarang ini sedang duduk di bangku kelas 12 SMA/SMK dan tertarik dengan jurusan perencanaan dan wilayah kota, namun belum tahu banyak tentang jurusan tersebut, simak penjelasan di bawah ini, yuk.

Image article

Apa itu Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota?

Jurusan perencanaan wilayah dan kota atau yang juga disebut dengan jurusan planologi merupakan sebuah bidang studi yang fokus mempelajari dasar perencanaan, perpetaan, transportasi, morfologi kota, dan juga desain. Selain itu, jurusan ini juga menyinggung mengenai ekonomi perkotaan dan estetika suatu tatanan wilayah atau kota. Sebagai mahasiswa jurusan planologi, kamu harus mampu mempertimbangkan berbagai aspek, seperti sosial, politik, dan ekonomi di bidang pembangunan. Jadi, kamu tidak hanya sekadar membuat rancangan perkotaan saja, tetapi juga tetap memperhatikan banyak hal di sekelilingnya.

Adapun beberapa mata kuliah dasar yang akan kamu dapatkan antara lain adalah ekonomi wilayah dan kota, pengembangan komunitas, pembiayaan pembangunan, proses perencanaan, komputasi perencanaan, tata guna lahan, perencanaan wilayah dan perdesaan, sistem perumahan, perencanaan kota, dan lain sebagainya.

Prospek Kerja Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Sebagai seorang lulusan jurusan perencanaan wilayah dan kota, prospek kerja sangat terbuka lebar untuk kamu karena selama menjadi mahasiswa kamu telah belajar berbagai disiplin ilmu. Di bawah ini adalah beberapa prospek kerja untuk jurusan planologi.

  1. Instansi Pemerintah
    Bekerja di instansi pemerintah kerap menjadi pilihan bagi sebagian besar lulusan jurusan ini. Kamu bisa kerja di Departemen Dalam Negeri, Dinas Tata Kota, BPPT, Pemda, dan lain sebagainya.

  2. Sektor Swasta
    Bekerja di sektor swasta tidak kalah menggiurkannya dengan di instansi pemerintah. Kini ada banyak sekali perusahaan swasta yang membutuhkan kamu sebagai seorang tenaga ahli di bagian konsultan perencanaan, pariwisata, ataupun lainnya. Beberapa perusahaan yang bisa menjadi pilihan antara lain PT Riau Andalan, PT Astra Internasional, dan juga PT MedCo Energi.

  3. LSM
    Selain bekerja di sebuah instansi, kamu juga bisa menjadi aktivis di berbagai LSM yang relatif dengan cakupan ilmu selama proses perkuliahan. Adapun LSM yang bisa dipilih adalah Sawarung, AKATIGA, dan BIGS.

  4. Tenaga Pengajar
    Apabila kamu tipikal orang yang suka belajar dan berbagi ilmu, maka tidak ada salahnya untuk menjadi tenaga pengajar, seperti dosen. Akan tetapi, untuk bisa menjadi seorang dosen, kamu harus menempuh minimal pendidikan master atau S2 terlebih dahulu.

Info Pendaftaran Mahasiswa Baru Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Trisakti

Setelah menyimak penjelasan di atas, tentu kamu semakin tertarik untuk mengambil jurusan perencanaan wilayah dan kota Trisakti. Nah, untuk kamu yang berminat menjadi mahasiswa Trisakti, kamu bisa mengunjungi website http://pmbinfo.trisakti.ac.id/ yang memuat berbagai informasi pendaftaran, seperti tanggal dan syarat yang dibutuhkan untuk ujian seleksi. Oleh karena itu, pastikan jika kamu tidak terlewat untuk mengecek website tersebut karena informasi lengkap dan terpercaya hanya ada di website resmi pendaftaran mahasiswa baru Universitas Trisakti.