×

Rekomendasi Tempat Kuliah Jurusan Pertambangan di Jakarta

Image Thumbnail

Kini ada banyak sekali pilihan tempat untuk kuliah jurusan pertambangan di Jakarta. Jurusan ini diminati bukan tanpa alasan, prospek kerja yang menggiurkan dan disegani masyarakat menjadi salah satu faktornya. Salah satu rekomendasi tempat kuliah jurusan pertambangan di Jakarta yang sudah terakreditasi B oleh BAN-PT adalah Universitas Trisakti. Kondisi alam Indonesia yang sangat kaya akan bahan tambang dan mineral lainnya membuat semakin banyak generasi millennial yang tertarik melanjutkan studi jurusan pertambangan. Buat adik-adik kelas 12 yang sebentar lagi akan lulus dan berminat untuk melanjutkan studi di jurusan pertambangan, simak penjelasan mengenai jurusan terkenal berikut ini.

Apa Itu Jurusan Pertambangan?

Jurusan pertambangan adalah program studi yang memahami proses penambangan mineral yang sifatnya padat, yaitu batubara, aluminium, perak, timah, emas, besi, platina, dan bahan tambang jenis lainnya. Akan tetapi, untuk barang tambang yang sifatnya cair, yaitu minyak bumi tidak dipelajari di jurusan ini. Tiga hal utama yang menjadi fokus pembelajaran jurusan pertambangan adalah ekploitasi, eksplorasi, dan pemrosesan barang tambang.

Materi yang Dipelajari Jurusan Pertambangan

Tentu saja materi yang akan kamu pelajari di jurusan pertambangan selalu berkaitan dengan penambangan dan berbagai mineral lainnya. Adapun materi jurusan pertambangan yang akan dipelajari sebagai mahasiswa Universitas Trisakti adalah sebagai berikut.

  1. Kalkulus

  2. Geologi Dasar

  3. Fisika Dasar

  4. Matematika Teknik

  5. Teknik Gas Bumi

  6. Eksplorasi Tambang

  7. Fisika Teknik

  8. Geomorfologi, dan lain-lain.

Peluang Kerja Jurusan Pertambangan

Ada banyak sekali pilihan lapangan pekerjaan untuk kamu lulusan jurusan pertambangan. Peluang kerja paling utama tentu saja adalah perusahaan tambang yang kini sudah banyak jumlahnya di berbagai wilayah Indonesia. Perusahaan tersebut terbagi ke dalam perusahaan swasta nasional dan internasional serta BUMN. Beberapa perusahaan BUMN yang bisa kamu pilihan antara lain PT Indonesia Asahan Inalum, PT Timah, PT Bukit Asam, dan PT Aneka Tambang.

Tiga Info Penting tentang Jurusan Pertambangan

Sebelum menjadi mahasiswa jurusan pertambangan Universitas Trisakti secara resmi, tentu kamu harus tahu dulu tentang info penting mengenai jurusan ini. Yuk, simak penjelasan berikut ini.

  1. Ilmu tentang Eksplorasi dan Eksploitasi
    Secara umum, pertambangan akan mempelajari bagaimana cara untuk melakukan eksplorasi dan juga ekploitasi berbagai sumber mineral yang ada di Indonesia. Jurusan ini mengharuskan kamu mengerti tentang karakteristik berbagai tambang mineral yang ada.

  2. Belajar tentang Batubara dan Mineral Bernilai
    Kamu akan mendapatkan banyak materi mengenai proses pertambangan batubara jika menjadi mahasiswa jurusan pertambangan. Agar bisa melewati materi tersebut dengan baik, kamu harus menguasai materi-materi dasar terlebih dulu.

  3. Jurusan Favorit
    Selain kedokteran, manajemen, dan teknik sipil, jurusan pertambangan juga termasuk ke dalam jurusan favorit di kalangan generasi millennial. Oleh karena itu, tidak heran jika proses seleksinya sangat ketat.

Pendaftaran Jurusan Pertambangan Universitas Trisakti

Bagi kamu yang ingin dan tertarik melanjutkan studi di jurusan pertambangan, kamu bisa mendapatkan informasi lengkap mengenai jadwal dan alur pendaftaran di website http://pmbinfo.trisakti.ac.id/. Website tersebut menyediakan berbagai informasi yang kamu butuhkan terkait pendaftaran ini. Selagi menunggu pendaftaran, kamu bisa menyiapkan diri agar siap menghadapi pesaing lainnya yang juga mendaftar jurusan pertambangan ini. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi website resmi jurusan pertambangan milik Universitas Trisakti untuk mengenal lebih jauh tentang jurusan yang satu ini.