×

Bagaimana Kuliah Fakultas Teknik Industri?

Image Thumbnail

Bagaimana kuliah fakultas teknik industri? Tentu rasa dan pengalamannya hampir mirip dengan jurusan teknik lainnya. Fakultas teknik industri tidak kalah populer dengan fakultas teknik lainnya di Indonesia. Oleh karena itu, tidak heran jika teknik industri ini mempunyai banyak peminat. Apalagi di beberapa jenjang SMK juga tersedia jurusan teknik industri sehingga sedikit banyak mereka telah familiar dengan jurusan tersebut. Salah satu kampus swasta bergengsi di Jakarta yang mempunyai fakultas teknik industri adalah Universitas Trisakti atau yang biasa disebut Usakti. Fakultas teknik industri Usakti telah terakreditasi oleh BAN-PT. Jadi, kamu akan dipertimbangkan ketika lulus dan mencari kerja nantinya. Untuk kamu yang sekarang ini sedang berada di kelas 12 SMA/SMK dan berkeinginan untuk melanjutkan studi di fakultas teknik industri Usakti, simak pemaparan berikut ini, ya.

Image article

Apa itu Fakultas Teknik Industri?

Teknik industri merupakan salah satu bidang keilmuan dimana mahasiswa diharuskan untuk belajar tentang merancang, mengaplikasikan, dan mengatur berbagai macam faktor, seperti mesin, manusia, material, metode, kajian manajerial, lingkungan, dan lain sebagainya. Teknik industri masuk ke dalam program studi rumpun saintek. Jadi, hanya siswa SMA jurusan IPA atau siswa SMK jurusan teknik industri yang bisa mencoba peruntungan dengan memilih fakultas ini. Secara garis besar, topik yang akan kamu pelajari sebagai mahasiswa fakultas teknik industri adalah manajemen industri, manufaktur serta tekno ekonomi.

Tidak hanya itu saja, kamu juga dituntut untuk memahami mata kuliah dasar yang nantinya akan memudahkan kamu ketika mengambil mata kuliah pilihan. Beberapa mata kuliah dasar yang wajib dikuasai adalah matematika, kalkulus, statistika industri, fisika dan kimia dasar, rekayasa sistem kerja, material teknik, teori probabilitas, dan masih banyak lagi. Meskipun terlihat berat, kamu jika kamu tekun belajar dan berani untuk bertanya, pasti kamu bisa menghadapi mata kuliah dasar tersebut.

Prospek Kerja Lulusan Fakultas Teknik Industri

Prospek kerja untuk lulusan fakultas teknik industri sangatlah luas dan terbuka di berbagai bidang pekerjaan. Berikut ini adalah beberapa diantaranya.

  1. Divisi Produksi
    Kamu bisa bekerja di sebuah perusahaan di divisi produksi yang akan bertugas untuk memantau dan mengatur sistem serta tata letak pabrik.

  2. Divisi Engineering
    Pada divisi ini, kamu akan diberikan tanggung jawab untuk memastikan kelancaran mesin produksi ketika beroperasi.

  3. Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia
    Divisi ini lebih banyak dikenal sebagai divisi HRD yang mempunyai tanggung jawab untuk menyaring calon pekerja dengan spesifikasi yang dibutuhkan oleh divisi-divisi lain di dalam sebuah perusahaan.

  4. Divisi Perencanaan Biaya
    Divisi perencanaan biaya lebih banyak berkutat dengan keuangan. Segala hal yang berkaitan dengan keuangan, mulai dari kalkulasi biaya hingga perhitungan waktu dan tenaga dalam sebuah proyek adalah tugasmu sebagai bagian dari divisi perencanaan biaya.

  5. Divisi Pengendalian Mutu
    Divisi ini mengharuskan kamu untuk mampu mengatur semua bawahan agar bekerja secara efekktif dan efisien supaya kualitas barang yang diproduksi tetap terjaga.

Info Pendaftaran Mahasiswa Baru Fakultas Teknik Industri

Jika kamu tertarik menjadi salah satu mahasiswa fakultas teknik industri, kamu bisa mengakses website http://pmbinfo.trisakti.ac.id/ untuk mendapatkan info pendaftaran, seperti waktu dan persayaratan yang harus dipenuhi oleh peserta ujian seleksi. Segala informasi yang kamu butuhkan tersedia di web tersebut. Jadi, kamu tidak akan khawatir dengan adanya informasi hoax ataupun palsu. Maka dari itu, jangan lupa untuk rutin mengakses website tersebut, ya.