×

Kampus Fakultas Teknik Sipil dan Arsitektur Jakarta

Image Thumbnail

Kampus fakultas teknik sipil dan arsitektur Jakarta sekarang ini sedang banyak diburu oleh siswa kelas 12 yang sebentar lagi akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta. Kuliah teknik sipil dan arsitektur saat ini memang tengah banyak diminati oleh generasi millennial. Prospek kerja yang luas dan terbuka lebar menjadi salah satu faktor banyak generasi muda yang memilih satu dari dua jurusan tersebut. Bahkan berbagai kampus negeri maupun swasta juga telah memiliki fakultas teknik sipil dan arsitektur dengan berakreditasi A. Meskipun masuk ke dalam fakultas yang sama, teknik sipil dan arsitektur merupakan dua jurusan yang berbeda. Salah satu kampus fakultas teknik sipil dan arsitektur Jakarta yang sudah terkenal ada di Universitas Trisakti. Untuk kamu yang berminat mengambil satu dari dua jurusan tersebut, yuk simak penjelasan di bawah ini.

Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur

Image article

Sebelum menentukan pilihan antara mengambil jurusan teknik sipil atau arsitektur, terlebih dahulu kamu harus tahu perbedaannya. Meskipun secara umum kedua jurusan itu hampir sama, namun dari segi materi yang diajarkan berbeda loh. Jadi, pastikan kamu tidak memilih jurusan yang salah. Oleh karena itu, simak beberapa perbedaan antara kedua jurusan tersebut dengan baik ya.

  1. Teknik Sipil
    Teknik sipil merupakan bidang keilmuan yang mempelajari cara merancang, merenovasi, dan membangun berbagai macam bangunan dan infrastruktur dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan. Mahasiswa teknik sipil diharuskan mampu menghitung kuat tidaknya sebuah konstruksi bangunan. Selain itu, teknik sipil juga akan mempelajari konsep finansial proyek dan manajemen proyek. Berbeda dengan jurusan arsitektur yang lebih mengutamakan estetika, jurusan teknik sipil lebih mengutamakan fundamental. Fokus dari jurusan teknik sipil adalah struktur bangunan, transportasi, geoteknik, lingkungan, hidro, dan lain-lain.

  2. Arsitektur
    Arsitektur merupakan bidang keilmuan yang mempelajari rancangan bangunan dan merancang serta mengawasi proses konstruksi bangunan. Akan tetapi, arsitektur tidak hanya belajar mengenai hal itu saja. Mahasiswa arsitektur juga akan belajar dari ruang lingkup interior ruangan hingga lingkup kota dan regional. Arsitektur lebih mengarah kepada rancangan ide mengenai pembangunan yang dibuat di atas kertas. Selama kuliah di jurusan arsitektur, kamu dibekali materi tentang perancangan kota dan perumahan, estetika arsitektur, studio desain arsitektur, teknologi bahan, arsitektur digital, dan lain sebagainya.

Setelah menyimak perbedaan tersebut, tentunya kamu jadi lebih paham mengenai dua jurusan itu kan. Nah, fakultas teknik sipil dan arsitektur Universitas Trisakti ini sudah berakreditasi A untuk jenjang S1 loh. Jadi, lulusan dari fakultas ini pasti akan dipertimbangkan dalam dunia kerja.

Bagi kamu yang tertarik dan ingin kuliah di kampus fakultas teknik sipil dan arsitektur Jakarta ini, kamu dapat mengunjungi website resmi Universitas Trisakti http://pmbinfo.trisakti.ac.id/ yang memuat berbagai informasi mengenai proses dan jadwal pendaftaran bagi calon mahasiswa baru tahun 2020. Website tersebut menyediakan semua informasi yang kamu butuhkan tentang pendaftaran calon mahasiswa baru. Oleh sebab itu, kamu harus rutin mengecek website tersebut supaya tidak ketinggalan informasi penting.

Selagi menunggu informasi resmi yang diberikan oleh pihak kampus, kamu juga bisa mempersiapkan diri dengan mempelajari materi-materi yang akan diujikan pada saat ujian seleksi nanti. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan mental karena persaingan antar peserta semakin ketat setiap tahunnya. Yuk, daftar ke fakultas teknik sipil dan arsitektur Universitas Trisakti.