×

Kuliah Fakultas Kedokteran Terbaik di Jakarta

Image Thumbnail

Kuliah fakultas kedokteran terbaik di Jakarta adalah impian bagi sebagian siswa kelas 12. Siapa yang tidak menolak untuk menjadi dokter? Tentu sebagian dari kamu pernah berpikir untuk menjadi dokter. Ya, profesi dokter di Indonesia memang sangat disegani dan dipandang sebagai sebuah profesi yang sulit karena berhubungan dengan nyawa pasien. Sekarang ini ada banyak sekali kampus yang memiliki fakultas kedokteran sehingga kamu dapat melanjutkan studi agar bisa menjadi dokter. Salah satu tempat kuliah fakultas kedokteran terbaik di Jakarta adalah Universitas Trisakti. Sebagai salah satu kampus swasta terbaik, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan Universitas Trisakti. Untuk kamu yang sekarang ini masih duduk di kelas 12 dan berniat untuk mengambil studi pendidikan dokter, maka simak penjelasan mengenai tempat kuliah fakultas kedokteran terbaik di Jakarta ini.

Apa itu kuliah fakultas kedokteran?

Sebagai salah satu jurusan paling bergengsi di Indonesia, kamu harus siap untuk kuliah dengan rentang waktu yang lebih lama. Apalagi sebelum itu kamu akan bersaing dengan ribuan peserta lainnya yang ingin kuliah jurusan kedokteran. Ilmu kedokteran menurut Merriam-Webster adalah ilmu yang terfokus dalam pemeliharaan kesehatan serta pengobatan, pencegahan, ataupun penatalaksanaan penyakit. Sebelum beneran jadi mahasiswa kedokteran, kamu perlu tahu kemampuan yang dibutuhkan selama kuliah kedokteran, yakni:

  1. Memahami konsep matematika, fisika, kimia, dan biologi.
    Kalau kamu sudah paham dengan keempat materi dasar tersebut, maka proses belajar selama di perkuliahan akan lebih mudah.

  2. Kemampuan berpikir sistematis.
    Selain dituntut untuk berpikir kritis, para mahasiswa juga diharuskan untuk berpikir secara sistematis. Hal tersebut juga berlaku bagi mahasiswa kedokteran.

  3. Kemampuan bahasa Inggris yang baik.
    Mayoritas bahan ajar atau literatur yang digunakan di fakultas kedokteran biasa ditulis dalam bahasa Inggris. Jadi, mau tidak mau kamu harus punya kemampuan bahasa Inggris yang baik supaya bisa mengikuti materi yang diajarkan.

Studi kedokteran ini minimal ditempuh selama enam tahun. Wow, lama banget, ya. Tapi enam tahun itu belum bisa membuatmu menjadi dokter sepenuhnya. Setelah lulus sebagai sarjana kedokteran, kamu harus mengambil program profesi dokter dan kemudian mengambil internship minimal satu tahun untuk dapat membuka praktik mandiri. Proses itu masih lebih panjang kalau kamu memilih untuk ambil profesi spesialis.

Jangan merasa sulit dulu, semua itu akan terbayarkan ketika kamu lulus nanti. Hal itu karena peluang di dunia kedokteran yang terbuka lebar sudah menantimu. Oleh karena itu, jangan patah semangat untuk belajar agar bisa masuk fakultas kedokteran Universitas Trisakti.

Untuk sekarang ini Universitas Trisakti sudah membuka pendaftaran untuk calon mahasiswa baru fakultas kedokteran tahun 2020. Saat ini kamu bisa mengakses website http://pmbinfo.trisakti.ac.id/ untuk mengetahui berbagai informasi mengenai pendaftaran calon mahasiswa baru. Selain itu, kamu juga bisa mengakses website resmi fakultas kedokteran Universitas Trisakti agar lebih mengenal tentang fakultas tersebut. Mulai dari metode pembelajaran, biaya kuliah, struktur organisasi, fasilitas, dan lain sebagainya.

Dengan penjelasan di atas, tentunya kamu akan lebih semangat dalam menghadapi pendidikan kedokteran. Kamu juga jadi lebih semangat untuk meraih cita-cita dan menjadi seorang. Intinya kamu harus konsisten belajar dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk menghadapi ujian seleksi nantinya. Apabila kamu telah mempersiapkannya dengan baik, maka pada saat hari ujian, fisik dan mental kamu akan lebih siap. Jadi, jangan pernah bosan untuk belajar, ya.