×

Kampus Jurusan Teknik Elektro di Jakarta

Image Thumbnail

Kampus jurusan teknik elektro di Jakarta saat ini sudah banyak jumlahnya. Tidak hanya tersedia di kampus negeri saja, tetapi juga berbagai kampus swasta di Jakarta. Jurusan teknik elektro kini telah banyak dikenal oleh generasi muda. Apalagi bagi mereka yang menempuh pendidikan di SMK. Jurusan teknik elektro ini banyak memainkan perangkat listrik dan mempelajari berbagai hal tentang kelistrikan. Salah satu kampus swasta ternama yang mempunyai jurusan teknik elektro adalah Universitas Trisakti. Bagi kamu yang saat ini masih duduk di bangku kelas 12 SMA/SMK dan tertarik untuk mengambil jurusan teknik elektro ini, jangan lewatkan penjelasan berikut ini ya.

Image article

Apa itu Jurusan Teknik Elektro?

Jurusan teknik elektro merupakan suatu bidang ilmu dimana mempelajari berbagai macam hal tentang listrik dan juga pengaplikasiannya dalam kehidupan. Sebagai mahasiswa jurusan teknik elektro, kamu akan belajar banyak hal tentang konsep, pengembangan, perancangan, dan juga produksi perangkat elektronik serta listrik. Adapun beberapa mata kuliah yang akan diberikan selama proses perkuliahan antara lain adakah konversi energi, sistem telekomunikasi, sistem kontrol, rangkaian listrik, mengukur beban listrik, dan lain sebagainya. Prospek kerja lulusan teknik elektro sangatlah luas. Kamu bisa bekerja di ranah industri telekomunikasi, otomotif, minyak dan gas, bio engineering, semikonduktor, dan masih banyak lagi pilihan pekerjaan lainnya.

Mata Kuliah Wajib Jurusan Teknik Elektro

Di bawah ini adalah beberapa mata kuliah wajib yang diajarkan di jurusan teknik elektro.

  1. Matematika Dasar
    Mata kuliah ini wajib kamu kuasai sebagai mahasiswa teknik elektro karena menjadi salah satu ilmu terpenting.

  2. Bahasa Pemrograman C dan juga C++
    Kedua bahasa pemrograman ini akan membantu kamu dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dalam bidang teknik elektro.

  3. Rangkaian Listrik
    Mata kuliah ini akan mempelajari tentang perhitungan dan analisa listrik dengan menggunakan berbagai macam metode.

  4. Elektronika
    Salah satu materi dasar ini harus kamu kuasai selama menjadi mahasiswa teknik elektro.

  5. Mesin Listrik
    Materi dasar mesin listrik sering kali dianggap sebagai mata kuliah tersulit bagi mayoritas mahasiswa teknik elektro. Jadi, jika kamu bisa menaklukannya, maka kamu akan mendapatkan kemudahan dalam mempelajari mata kuliah lain.

Kenapa Harus Kuliah Jurusan Teknik Elektro?

Kamu akan mendapatkan banyak sekali keuntungan jika memilih jurusan teknik elektro. Berikut ini adalah keuntungan yang kamu dapatkan sebagai mahasiswa jurusan tersebut.

  1. Lulusan teknik elektro banyak dicari oleh berbagai industri di Indonesia. Tenaga mereka dibutuhkan pada bagian sistem dan permasalahan kelistrikan serta peralatan elektronik.

  2. Lulusan teknik elektro dibutuhkan oleh banyak perusahaan guna membangun sistem distribusi pada tenaga listrik.

  3. Seorang ahli teknik elektro dapat terjun di dunia pendidikan dan fokus sebagai tenaga pendidik, seperti dosen teknik elektro ataupun dosen teknik telekomunikasi.

  4. Berbagai perusahaan yang bekerja untuk menyuplai tenaga listrik dalam jumlah yang besar membutuhkan banyak lulusan teknik elektro terbaik.

  5. Kamu dapat bekerja di laboratorium untuk melakukan eksperimen dan berbagai penemuan dalam bidang rekayasa teknik.

Info Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru 2020

Untuk kamu yang tertarik dan ingin mendaftar jurusan teknik elektro di Universitas Trisakti, kamu bisa mengunjungi website resmi kampus di http://pmbinfo.trisakti.ac.id/. Website tersebut akan menyediakan berbagai macam informasi yang kamu butuhkan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Trisakti tahun 2020. Jadi, jangan lupa kunjungi website tersebut, ya.