×

Kampus Jurusan Sistem Informasi di Jakarta

Image Thumbnail

Kampus jurusan sistem informasi di Jakarta saat ini jumlahnya sangatlah banyak. Tidak hanya tersedia di kampus negeri saja, tetapi juga kampus swasta. Bahkan peminatnya pun tidak kalah banyak. Setiap tahunnya persaingan antar calon mahasiswa baru yang memilih jurusan sistem informasi semakin ketat. Hal ini karena sistem informasi menjadi satu dari sekian banyak jurusan favorit di rumpun saintek. Salah satu kampus jurusan sistem informasi di Jakarta terbaik adalah Universitas Trisaksi. Meskipun termasuk jurusan favorit, tidak jarang masih banyak orang yang keliru antara jurusan sistem informasi dengan teknik informasi. Jadi, bagi adik-adik yang saat ini masih duduk di kelas 12 SMA/SMK, simak penjelasan tentang jurusan sistem informasi di bawah ini supaya tidak salah jurusan yaa.

Apa itu Jurusan Sistem Informasi?

Jurusan sistem informasi merupakan suatu bidang studi yang menggabungkan ilmu ekonomi manajemen, ilmu komputer, dan juga bisnis. Akan tetapi, jurusan sistem informasi tetap berfokus pada programming yang penerapannya ke arah bisnis sebuah perusahaan. Jadi, sebagai mahasiswa sistem informasi kamu akan mendapatkan banyak mata kuliah yang berhubungan dengan bidang ekonomi. Beberapa mata kuliah yang akan diajarkan selama perkuliahan antara lain adalah programming, manajemen, bisnis, statistik, akuntansi, manajemen proyek, dan lain sebagainya. berbeda dengan jurusan teknik informatika yang mahasiswa harus dari SMA jurusan IPA, di jurusan sistem informatika ini membolehkan siswa jurusan IPS untuk bersaing dengan peserta lain.

Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

Sebagai mahasiswa jurusan sistem informasi, ada banyak sekali prospek kerja yang bisa kamu pilih saat lulus nanti. Berikut ini adalah beberapa prospek kerja tersebut.

  1. Business Analyst
    Karena selama perkuliahan kamu banyak belajar tentang bisnis dan manajemen, jadi tidak ada salahnya kamu mencoba peruntungan dengan menjadi business analyst setelah lulus nanti. Nantinya kamu akan bekerja sebagai penghubung manajemen dengan para pemegang saham dan tim IT.

  2. Web Developer
    Kamu juga bisa menjadi seorang web developer yang bekerja untuk membuat berbagai program aplikasi pada sebuah website. Kamu nantinya diharuskann untuk membuat tampilan website yang menarik dan membuat fitur-fitur yang mudah digunakan.

  3. IT Manager
    Kamu pun bisa bekerja sebagai IT manager apabila mempunyai kemampuan manajemen yang mumpuni. Beberapa tanggung jawab dari seorang IT manager adalah maintenance dan instalasi software serta hardware.

  4. Database Administrator
    Tugas seseorang yang bekerja sebagai database administrator yaitu merapikan dan juga mengelola data penting perusahaan. Meskipun pekerjaan ini belum terlalu terkenal di Indonesia, tetapi pekerjaan ini mempunyai peluang yang sangat besar.

  5. IT Consultant
    Profesi IT consultant sekarang ini sedang digandrungi oleh para lulusan sistem informasi. Pekerjaan seorang IT consultant adalah membantu banyak perusahaan untuk meningkatkan struktur dan sistem IT.

  6. Programmer
    Sudah bukan rahasia umum lagi jika mayoritas lulusan sistem informasi akan memilih untuk menjadi seorang programmer. Selain peluangnya yang besar, pekerjaan ini memang sangat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh lulusan sistem informasi.

Informasi Pendaftaran Mahasiswa Baru Universitas Trisakti

Jika kamu tertarik untuk mengambil jurusan sistem informasi di Universitas Trisakti, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi pendaftaran melalui website resmi mereka, yakni http://pmbinfo.trisakti.ac.id/. Kamu akan memperoleh informasi resmi tentang jadwal, alur, dan berkas yang dibutuhkan untuk mendaftar sebagai calon mahasiswa baru tahun 2020. Jadi, pastikan kamu rajin mengunjungi website tersebut, ya.