×

Kampus Jurusan Teknik Informatika di Jakarta

Image Thumbnail

Kini kampus jurusan teknik informatika di Jakarta sangatlah banyak jumlahnya. Tidak hanya kampus negeri saja, tetapi juga kampus swasta. Hal tersebut berbanding lurus dengan peminat yang jumlahnya semakin banyak setiap tahunnya. Jurusan teknik informatika mempunyai prospek kerja yang sangat luas sehingga membuat orang banyak tertarik untuk mengambil studi ini. Salah satu kampus jurusan teknik informatika di Jakarta yang sudah terakreditasi oleh BAN-PT adalah Universitas Trisakti. Sebagai kampus swasta terbaik di Jakarta, tentu kamu sudah tidak perlu diragukan lagi tentang prestasinya. Untuk kamu yang sekarang ini masih duduk di kelas 12 SMA/SMK dan berniat melanjutkan studi ke jurusan teknik informatika, simak penjelasan di bawah ini baik-baik, ya.

Apa itu Jurusan Teknik Informatika?

Jurusan teknik informatika merupakan salah satu bidang ilmu yang berhubungan dengan dunia komputer beserta data dan juga informasi yang terdapat di mesin dengan basis komputasi tersebut. Jurusan ini termasuk ke dalam rumpun saintek. Jadi, pastikan kamu sudah menguasai prinsip dasar kimia, fisika, dan matematika ya. Secara umum, materi perkuliahan yang akan kamu pelajari sebagai mahasiswa jurusan teknik informatika antara lain adalah jaringan komputer, sistem informasi, komunikasi data, grafika komputer, dan juga komputasi DNA. Hal yang menarik dari jurusan teknik informatika adalah kamu bisa membuat pemrograman game dan web serta robotik. Sangat menarik, bukan?

Selain itu, ada juga mata kuliah wajib yang harus kamu kuasai, seperti kalkulus, aljabar linier, fisika dasar, matematika diskrit, statistik, logika informatika, dan juga metode numerik. Setelah melewati beberapa semester awal, kamu juga akan belajar mata kuliah tertentu yang ingin kamu jadikan sebagai topik skripsi. Jurusan teknik informatika sangat cocok untuk kamu yang menyukai dunia coding. Sangat jarang ada lulusan teknik informatika yang menguasai coding. Jadi, jika kamu tertarik dengan coding dan menguasainya, peluang besar akan menunggu setelah lulus nanti.

Image article

Prospek Kerja Jurusan Teknik Informatika

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, prospek kerja jurusan teknik informatika sangat luas. Berikut ini adalah beberapa prospek kerja yang bisa kamu pilih saat lulus nanti.

  1. Start Up
    Bekerja di start up sudah menjadi hal yang umum saat ini. Lingkungan kerja yang fleksibel disertai dengan prospek karir yang menantang, membuat lulusan teknik informatika berlomba-lomba masuk ke dunia start up.

  2. Wirausaha
    Menjadi wirausaha muda juga menjadi impian banyak orang. Kamu bisa membuka agency atau software house untuk membantu para pelaku bisnis di Indonesia.

  3. Pegawai BUMN
    Mayoritas lulusan teknik informatika banyak yang memilih untuk terjun ke BUMN karena gaji yang menggiurkan. Selain itu, perusahaan BUMN di Indonesia memang banyak membutuhkan lulusan teknik informatika untuk mengurusi perusahaannya, seperti Telkom dan PLN.

  4. Pegawai Negeri Sipil
    Di era digital seperti sekarang ini, lulusan teknik informatika juga dibutuhkan sebagai pegawai negeri sipil untuk mengurusi sistem. Biasanya lulusan teknik informatika akan ditempatkan di bagian administrasi, manajemen jaringan, operator database, dan lain sebagainya.

  5. Tenaga Pengajar
    Selain bekerja di perusahaan, kamu juga bisa menjadi tenaga pengajar, seperti dosen. Pekerjaan ini tentu saja sangat cocok untuk kamu yang mempunyai minat di dunia pendidikan. Akan tetapi, untuk bisa menjadi seorang dosen, kamu perlu menempuh pendidikan minimal S2.

Info Pendaftaran Calon Mahasiswa Baru Tahun 2020

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan sebagai mahasiswa jurusan teknik informatika di Universitas Trisakti, kamu bisa mengunjungi website resmi mereka di http://pmbinfo.trisakti.ac.id/. Website tersebut menyediakan berbagai informasi mengenai jadwal, alur, dan berkas pendaftaran yang dibutuhkan oleh calon mahasiswa baru Universitas Trisakti. Kamu harus rutin mengupdate website tersebut supaya tidak ketinggalan informasi penting. Oleh karena itu, kamu perlu mempersiapkan diri dari sekarang supaya bisa menjadi mahasiswa jurusan teknik informatika di Universitas Trisakti yang bergengsi ini.