×

Kampus Jurusan Teknik Mesin di Jakarta

Image Thumbnail

Beberapa tahun belakangan ini kampus jurusan teknik mesin di Jakarta sedang diminati oleh siswa kelas 12 SMA/SMK yang sebentar lagi akan lulus dan melanjutkan studinya di perguruan tinggi. Salah satu perguruan tinggi di Jakarta yang menyediakan jurusan teknik mesin adalah Universitas Trisakti. Bagi siswa SMK tentu sudah tidak asing lagi dengan jurusan teknik mesin karena sudah banyak SMK yang menyediakan jurusan ini. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang memilih untuk melanjutkannya ke perguruan tinggi. Untuk kamu yang tertarik dan ingin memilih jurusan teknik mesin ketika seleksi perguruan tinggi nanti. Yuk, simak penjelasan tentang jurusan teknik mesin Universitas Trisakti di bawah ini

Image article

Apa itu Jurusan Teknik Mesin?

Jurusan teknik mesin adalah suatu bidang studi yang mempelajari tentang desain, analisis, dan manufaktur sebuah sistem mekanik dengan menggunakan prinsip ilmu fisika. Ilmu mengenai mesin telah berkembang pesat sejak terjadinya revolusi industri pada abad ke-18. Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang banyak hal, seperti perancangan konstruksi dan mekanik, sistem produksi, metalurgi, konversi energi, dan juga proses manufaktur. Selain belajar tentang mesin, kamu juga akan mendapatkan materi mengenai cara membuat model, menggambar teknik, dan juga menciptakan prototipe mesin. Adapun mata kuliah yang ada di jurusan teknik mesin antara lain kimia dasar, kalkulus, fisika, matematika teknik, mekanika fluida, mekatronika, teknik pengukuran, dan lain sebagainya. Banyaknya materi dan keahlian yang dipelajari selama perkuliahan akan membuatmu lebih siap bersaing dalam dunia kerja setelah lulus nanti. Biasanya mahasiswa jurusan teknik mesin akan lulus dalam rentang waktu 4 sampai 5 tahun.

Prospek kerja Jurusan Teknik Mesin

Meskipun di Indonesia jurusan teknik mesin masih kalah peminatnya dibandingkan dengan jurusan teknik lainnya, namun prospek kerja jurusan ini cukup luas dan meliputi banyak bidang. Jadi, kamu tidak perlu khawatir kesulitan mencari pekerjaan ketika lulus nanti. Berikut ini adalah beberapa prospek kerja untuk mahasiswa jurusan teknik mesin.

  1. Perusahaan
    Saat ini mayoritas perusahaan membutuhkan tenaga ahli teknik mesin yang mempunyai tugas mengendalikan dan memantau kinerja mesin dalam mengolah bahan mentah menjadi barang siap pakai. Biasanya lulusan jurusan teknik mesin banyak dibutuhkan di perusahaan alat dapur, perusahaan energi, industri otomotif, industri proses, dan juga industri transportasi.

  2. Pertambangan
    Lulusan teknik mesin juga dibutuhkan dalam industri pertambangan untuk mengendalikan proses pengolahan tambang yang menggunakan berbagai jenis mesin. Kamu bisa mencari peluang dengan mendaftar di perusahaan tambang nasional ataupun internasional.

  3. Dosen
    Bagi yang kamu yang mempunyai passion di bidang pendidikan, bisa menjadi tenaga pengajar, seperti dosen. Akan tetapi, syarat untuk bisa menjadi dosen adalah mempunyai gelar pendidikan Strata 2 terlebih dahulu.

  4. Kontraktor
    Tenaga ahli mesin di perusahaan kontaktor akan sangat dibutuhkan guna menangani keperluan kontruksi bangunan. Tanpa campur tangan dari orang yang ahli mesin, sebuah gedung tidak bisa ditempati.

Info Pendaftaran Jurusan Teknik Mesin Universitas Trisakti

Jika kamu berminat untuk mengambil jurusan teknik mesin di Universitas Trisakti, kamu bisa mendapatkan info pendaftaran melalui website http://pmbinfo.trisakti.ac.id/. Melalui website yang langsung dikelolah oleh pihak kampus ini, kamu bisa menemukan berbagai informasi yang dibutuhkan, seperti jadwal dan berkas yang dibutuhkan untuk pendaftaran. Jadi, jangan lupa untuk mengecek website tersebut secara rutin supaya tidak ketinggalan informasinya, ya.