×

Kampus Jurusan Teknik Sipil Terbaik di Jakarta

Image Thumbnail

Sekarang ini telah banyak tersedia kampus jurusan teknik sipil terbaik di Jakarta. Tidak dapat dipungkiri jika jurusan tersebut memang mempunyai banyak peminatnya. Bahkan setiap tahunnya persaingan antar calon mahasiswa baru yang mendaftar jurusan teknik sipil semakin ketat. Jadi, tidak heran jika teknik sipil menjadi salah satu jurusan terfavorit pada rumpun saintek. Salah satu kampus jurusan teknik sipil terbaik di Jakarta adalah Universitas Trisakti. Jurusan teknik sipil di kampus ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. Bagi kamu yang sekarang ini sedang duduk di kelas 12 dan ingin melanjutkan studi ke jurusan teknik sipil Universitas Trisakti, simak penjelasan di bawah ini ya.

Image article

Apa itu Jurusan Teknik Sipil?

Jurusan teknik sipil merupakan suatu bidang ilmu yang fokus mempelajari perancangan, manahemen, konservasi, dan juga manufaktur dari sistem dan fasilitas untuk lingkup wilayah perkotaan dan pedesaan. Sebagian siswa kelas 12 yang berasal dari rumpun IPA biasanya akan memilih jurusan ini, terutama siswa laki-laki. Selain itu, jurusan teknik sipil diminati karena prospek kerja yang luas dan juga mempunyai topik yang beragam untuk dijadikan skripsi. Menjadi mahasiswa jurusan teknik sipil akan menempuh perkuliahan selama empat tahun sebelum mendapatkan gelar sarjana. Nantinya kamu akan belajar mengenai struktur dan desain bangunan, struktur tanah, karakteristik pesisir dan laut, bangunan air, perencanaan proyek, transportasi, dan lain sebagainya. Setelah kamu melewati beberapa semester, nanti kamu akan diminta untuk memilih fokus studi yang bisa menjadi bahan skripsimu nanti. Wah, jurusan yang menarik ya.

5 Hal yang Dipelajari Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil

Berikut ini adalah lima hal yang akan kamu pelajari sebagai mahasiswa jurusan teknik sipil.

  1. Struktural
    Sebagai mahasiswa teknik sipil, kamu tentu saja akan belajar tentang struktur bangunan. Hal yang dipelajari mulai dari struktur beton, baja, kayu, dan juga dinamikanya serta mekanika struktur bangunan.

  2. Geoteknik
    Pada bagian geoteknik ini kamu akan belajar tentang sifat dan struktur tanah serta batuan yang nantinya digunakan untuk menopang bangunan di atasnya. Kamu juga akan belajar tentang didin penahan tanah dan mekanika tanah.

  3. Manajemen Konstruksi
    Tidak hanya belajar tentang kondisi lapangan secara nyata saja, kamu juga harus menguasai manajemen konstruksi yang berisi tentang biaya proyek, pengembalian modal, dan juga penjadwalan pekerjaan. Jadi, manajemen konstruksi ini lebih mengarah pada bidang ekonomi.

  4. Rekayasa Pengairan
    Di jurusan teknik sipil kamu akan belajar tentang pengendalian, distribusi, dan permasalahan air. Berbagai cabang ilmu hidrologi akan kamu pelajari di jurusan ini.

  5. Transportasi
    Kamu akan mempelajari sistem perencanaan dan pelakasanaan transportasi, baik itu transportasi darat ataupun laut. Kamu juga akan belajar tentang rekayasa lalu lintas dan geometrik jalan.

Info Pendaftaran Jurusan Teknik Sipil Universitas Trisakti

Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai jadwal dan alur pendaftaran jurusan teknik sipil Universitas Trisakti melalui website http://pmbinfo.trisakti.ac.id/ Website tersebut merupakan website resmi yang dikelola secara langsung oleh pihak kampus. Jadi, kamu tidak perlu khawatir dengan penipuan ataupun info-info hoax. Silahkan kunjungi website tersebut secara rutin agar kamu selalu up to date dengan berbagai informasi yang diberikan. Selain itu, agar lebih mengenal tentang jurusan teknik sipil Universitas Trisakti, kamu juga bisa mengunjungi website resmi yang dikelola oleh pihak fakultas. Kamu bisa lebih tahu tentang kurikulum, metode pembelajaran, dan hal lainnya tentang jurusan ini.